SPONSORSHIP

Panitia Electrical Engineering In Action 2011, menawarkan kerjasama kepada perusahaan/instansi dalam bentuk sponsorship yang saling menguntungkan. Dengan berpartisipasinya perusahaan/instansi tersebut akan mendapat berbagai keuntungan, antara lain:

  • Sebagai sarana promosi perusahaan
  • Sebagai sarana sosialisasi profile perusahaan.
  • Sebagai sarana bentuk partisipasi perusahaan terhadap masalah energy, perkembangan Telekomunikasi, dan perkembangan teknologi.
  • Promosi langsung produk perusahaan.

Prinsip-prinsip kerjasama yang kami tawarkan adalah:
  • Fleksibel dalam menentukan perjanjian sponsorship, apabila perjanjian yang kami tawarkan pada proposal ini dianggap kurang.
  •  Open Source dalam perundingan bentuk kerjasama sehingga tidak ada pihak yang akan dirugikan
  •  Variatif, yang artinya pihak penyelenggara berusaha memberikan variasi atau alternatif promosi lain bila dirasakan sponsor perlu.

Adapun bentuk-bentuk kerjasama yang kami tawarkan dibedakan menjadi tingkatan-tingkatan, yaitu:

1. Sponsor Platinum

Sponsor Platinum berlaku untuk perusahaan/instansi yang bersedia untuk menanggung 80% dari total dana sponsorship yaitu Rp..55.128.000,-
 Jika terdapat dua atau lebih perusahaan/instansi yang berminat, maka keputusan sepenuhnya dilakukan oleh panitia. Jika sudah terpilih satu sponsor platinum, maka panitia tidak akan menerima sponsorship yang lainnya kecuali donator atau sumbangan yang tidak mengikat.

Hak yang diberikan kepada sponsor platinum adalah:
  1. Mencantumkan logo dan nama perusahaan sebesar 100% dari promotion space pada semua isi seminar kit, proceding, ID card, dan Plakat pembicara.
  2. (satu) promotion desk selama Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra berlangsung, pada sesi simulasi dengan isi yang sesuai dengan tema seminar.
  3. Mencantumkan logo dan nama perusahaan pada semua media publikasi seminar sebesar 100% dari Promotion Space.
  4. Dapat mendistribusikan brosur perusahaan bersama seminar kit pada Seminar Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra Penggunaan produk perusahaan sebagai produk penunjang resmi dalam acara.
  5. Mendapatkan 2 (dua) space untuk stand.
  6. Mendapatkan 3 (tiga) undangan VIP untuk menghadiri Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra Mendapatkan sertifikat sebagai Sponsor Platinum.
  7. Mendapatkan plakat penghargaa Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra HIMATRO UNILA 2010

2. Sponsor Gold

Sponsor Gold adalah pihak yang bersedia untuk menanggung 60% dari total dana sponsorship, yaitu sebesar Rp 41.436.000,- Jika terdapat dua atau lebih perusahaan/instansi yang berminat, maka keputusan sepenuhnya dilakukan oleh panitia. Jika sudah terpiilih satu sponsor Gold maka painitia tidak akan menerima lagi sponsor Gold yang lain.

Hak yang diberikan kepada sponsor Gold adalah:
  1. Mencantumkan logo dan nama perusahaan sebesar 50% dari Promotion Space pada semua isi seminar kit, proceding, makalah, tanda pengenal, dan plakat pembicara.
  2. Mencantumkan logo dan nama perusahaan pada spanduk, umbul-umbul, backdrop, dan pamphlet Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra sebesar 50% dari Promotion Space.
  3. Mendapatkan 2 (dua) undangan VIP untuk menghadiri Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra
  4. Dapat mendistribusikan brosur perusahaan bersama seminar kit pada Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra
  5. Mendapatkan sertifikat sebagai Sponsor Gold.
  6. Mendapatkan plakat penghargaan Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra

3. Sponsor Silver

Sponsor Silver adalah pihak yang bersedia untuk menanggung 35% dari total dana sponsorship, yaitu sebesar Rp.24.118.500,- Hak yang diberikan kepada sponsor Silver adalah:
  1.  Mencantumkan logo dan nama perusahaan sebesar 25% dari Promotion Space pada semua isi seminar kit, proceding, makalah, tanda pengenal, dan plakat pembicara.
  2. Mencantumkan logo dan nama perusahaan pada spanduk, umbul-umbul, backdrop, dan pamphlet Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra sebesar 25% dari Promotion Space.
  3. Mendapatkan 1 (dua) undangan VIP untuk menghadiri Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra
  4. Dapat mendistribusikan brosur perusahaan bersama seminar kit pada Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra Mendapatkan sertifikat sebagai Sponsor Silver.
  5. Mendapatkan plakat penghargaan Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra

4. Sponsor Bronze 

Sponsor Bronze adalah pihak yang bersedia untuk menanggung 15% dari total dana sponsorship, yaitu sebesar Rp.10.336.500,- Hak yang diberikan kepada sponsor Bronze adalah:
  1.  Mencantumkan logo dan nama perusahaan pada spanduk, umbul-umbul, backdrop, dan pamphlet Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra sebesar 10% dari Promotion Space.
  2. Mendapatkan 1 (dua) undangan VIP untuk menghadiri Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra
  3. Mendapatkan sertifikat sebagai Sponsor Bronze.
5. Sponsor Barter

Panitia juga menerima bentuk kerjasama non finasial, berupa penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan panitia. Hak yang diberikan kepada sponsor barter disesuaikan dengan nilai sarana/prasarana yang diberikan sponsor. Penilaian bentuk jasa yang ditawarkan disesuaikan dengan perjanjian fleksibel yang disepakati bersama. Bentuk barter dapat berupa:
1. Sarana transportasi dan komunikasi
2. Konsumsi
3. Dokumentasi
4. Media Iklan
5. Penyediaan saminar kit
6. Dan lain-lain (dapat menyesuaikan pada saat negoisasi)

6. Donatur

Selain bentuk kerjasama formal, panitia juga menerima bantuan dalam bentuk donator/ sumbangan. Besarnya pendanaan minimal Rp. 1.000.000,-. Adapun bentuk penghargaan yang panitia berikan antara lain:
1. 1 (satu) tiket VIP untuk menghadiri acara Seminar Ketenagalistrikan dan telekomunikasi Regional Sumatra
2. Mendapatan sertifikat sebagai donator atas nama pribadi/perusahaan.



Media Promosi

1. Spanduk
Ukuran : Besar (4 x 3) meter

2. Baliho dan Poster
Ukuran Baliho : Besar (5 x 6) meter
Ukuran Poster : A2


3. Backdrop
Ukuran :Besar (5x 4) meter


4. Stiker


5. Tiket


6. Id Card


7. Sertifikat




Ketentuan Sponsor

I. Bentuk Penawaran Sponsor
  1. Setiap perusahaan/instansi yang bersedia menjadi sponsor harus menandatangani kontrak kerjasama sponsorship.
  2. Kepastian akhir dari pihak sponsor selambat-lambatnya harus diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 21 Februari 2011
  3. Logo/Materi promotion harus diserahkan ke panitia selambat-lambatnya tanggal 21 Februari 2011
  4. Penentuan letak promotion space dan lokasi penempatan media publikasi menjadi wewenang penuh pihak panitia, kecuali jika ada perjanjian awal.
  5. Setiap pemasangan dan pembayaran media publikasi harus dengan persetujuan panitia.

II. Cara Pembayaran

  1. Pembayaran pertama (uang muka) sebesar 50% dari total yang harus dikeluarkan/dibayarkan saat penandatanganan kontrak.
  2. Pelunasan sebesar 50% lagi dibayarkan selambat-lambatnya tanggal 1 Maret 2011
  3. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer rekening: Bank Muamalat (share-e) dengan nomor rekening : 601923 915 5129399
III. Pembatalan Sponsor dari Pihak Sponsor
  1.  Pengunduran diri sebelum tanggal 25 februari 2011, 30% dari total dana yang harus dibayarkan menjadi hak panitia.
  2. Pengunduran diri setelah tanggal 5 Maret 2011, 50% dari total dana yang harus dibayarkan menjadi hak panitia.
  3. Pengunduran diri setelah tanggal 19 Maret 2011, dikenakan sanksi membayar 90% dari total dana yang harus dikeluarkan.
  4. Diluar ketentuan diatas panitia berhak menetukan kebijakan lain yang telah disepakati.
  5. Ketentuan-ketentuan khusus lain dapat dibuat pada saat penandatanganan kontrak dengan kesepakatan kedua belah pihak terlebih dahulu.

IV. Pembatalan dari Pihak Panitia

  1. Jika terjadi kegagalan acara karena kesalahan teknis panitia, maka 90% dana yang telah dikeluarkan akan dikembalikan.
  2. Jika pembatalan dilakukan karena selain point 4.A diatas maka dana yang telah diberikan ke panitia akan dikembalikan dengan penuh.
  3. Ketentuan-ketentuan khusus lain dapat dibuat pada saat penandatanganan kontrak dengan kesepakatan kedua belah pihak terlebih dahulu.

V. Ketentuan-ketentuan Lain

  1. Perjanjian kontrak dapat dilakukan antar pembawa proposal sponsorship dengan penanggungjawab pihak sponsor diatas kontrak bermaterai.
  2. Panitia tidak bertanggung jawab atas kesalahan materi publikasi/logo yang diterima panitia salah/belum selesai.Pantia tidak menutup kesepakatan pihak sponsor untuk berkerjasama dalam bentuk lain.
  3. Dengan adanya sponsor Gold dan Silver, maka panitia berhak untuk mencari sponsor lain sampai keutuhan dana terpenuhi.
  4. Ketentuan lain yang belum diatur dalam proposal ini dapat dilakukan atas kesepakatan pihak penyelenggara dan pihak sponsor.
  5. Panitia dapat melakukan klaim apabila pihak sponsor menyalahi ketentuan sponsorship.
  6. Apabila dalam pelaksanaan kegiatan terjadi perselisihan, sedapat mungkin diselesaikan secara musyawarah. Apabila tidak tercapai kata mufakat, maka akan diselesaikan melalui pihak peradilan.